#bijakfputranto

@bijakfputranto

“How 3G Are You?”

with 2 comments

Judul di atas merupakan, tema seminar yang diadakan di Lantai 19 Wisma Mulia pada tanggal 29 Agustus 2008 yang lalu. Seminar yang dinamakan LENTERA(Learning Through Exploration) ini, merupakan seminar rutin yang diadakan oleh HR TELKOMSEL bagi karyawan yang berkantor di Wisma Mulia. Kali ini TELKOMSEL bekerja sama dengan Nokia Siemens Network(NSN).
Sesuai dengan tema yang diangkat, LENTERA kali ini mengupas tentang 3G. Bukan lagi masalah teori, tapi lebih kepada try out. Di sesi pertama, diisi dengan demo aplikasi-aplikasi berbasis 3G yang merupakan layanan dari TELKOMSEL, antara lain: TELKOMSEL MOVie, Mobile TV, Tele Conference, dan ChatBox. Dalam hal ini, NSN sebagai penyedia infrastruktur dari 3G yang digunakan oleh TELKOMSEL.
Di sesi kedua, lebih kepada sharing session oleh Mr.Felix Wong yang memaparkan kondisi 3G di negara lain, seperti UK dan US. Ternyata, kondisinya tidak begitu jauh berbeda dengan di Indonesia. Penetrasi 3G masih belum sehebat layanan konvensional voice dan text(SMS). Hal ini salah satunya disebabkan oleh belum adanya kebutuhan yang urgent bagi masyarakat untuk menggunakan layanan 3G.
Strategi yang bisa diambil untuk bisa semakin meningkatkan jumlah pengguna layanan 3G, adalah me-repackage layanan-layanan berbasis 3G. Artinya, produk yang dijual kepada masyarakat seharusnya bukanlah sekedar Video Call, tetapi fitur yang menarik dengan basis Video Call. Salah satu yang cukup unik adalah TELKOMSEL MOVie(Make your Own moVie), yaitu layanan berbasis Video Call yang memungkinkan untuk merekam video untuk kemudian dishare dengan teman-teman yang lain. Yang membuat menarik adalah diadakannya kompetisi video-video tersebut, dengan mengambil satu tema tertentu. Dari satu periode kompetisi yang sudah lewat, dengan tema ‘Andai Aku Jadi Presiden’, jumlah pelanggan TELKOMSEL yang mendaftarkan videonya bisa dikatakan cukup banyak. Pengemasan yang menarik seperti inilah yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan lebih banyak pengguna 3G.
Masalah lain yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah pricing. Bagaimanapun, faktor utama yang menjadikan masyarakat memilih suatu produk telekomunikasi adalah harga, walaupun ada banyak faktor lain yang menentukan. Hal ini berdasarkan survey yang diadakan beberapa waktu yang lalu.
Yang semakin membuat seminar ini menarik adalah, NSN membagi-bagikan USB flash disk kepada penanya dan penjawab pertanyaan. Saya termasuk orang yang beruntung mendapat flash disk Nexus tersebut. Pertanyaan yang diajukan kepada Saya adalah: ‘Sebutkan empat segmen masyarakat yang merupakan sasaran dari teknologi telekomunikasi?’. Ah, pertanyaan yang mudah, karena Saya begitu memperhatikan paparan dari Mr.Felix Wong. Jawabannya: ‘tech geek, mobile professional, social butterfly, dan technophobe’. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Flash Disk 1 GB Merk Nexus dari NSN

Flash Disk 1 GB Merk Nexus dari NSN

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

September 2, 2008 at 1:42 pm

Posted in Uncategorized

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ayuk makan2.. Selametan buat Plesdis baru, wkwkwkw….

    Tukeran Link ya boss…. 😀

    abah

    September 3, 2008 at 9:10 am

  2. ^wkwkwkwk
    ok mas…

    bijakfajar

    September 3, 2008 at 2:47 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: