#bijakfputranto

@bijakfputranto

Jual Cepat

leave a comment »

Kemarin di perjalanan Jakarta-Bandung Saya sempatkan posting tentang niat Saya untuk menjual handphone Saya yaitu Nokia Lumia 610. Saya juga coba sebarkan via Twitter @bijakfputranto yang kemudian di-retweet oleh @bijakDOTme, @DoodleDonuts, dan @fany_ea. Hasilnya? Ga ada yang melakukan penawaran sama sekali!

Tapi kemudian, pada sore hari Saya coba iklankan di salah satu group di Facebook yang Saya masuk di dalamnya, yaitu group FORUM JUAL-BELI IT TELKOM. Hasilnya? Ga sampai setengah jam sudah laku TANPA ADA NEGO HARGA dengan jumlah peminat sebanyak 8 orang. 

Kemudian Saya coba pelajari tentang dua kasus ini, dan simpulkan beberapa hal:

  1. Ketika melakukan penjualan, usahakan menawarkan pada forum yang memang membutuhkan barangnya. Ketika Saya posting di blog & Twitter, meskipun bisa mencapai pembaca jauh lebih banyak daripada di group Facebook, namun bisa jadi tidak ada yang benar-benar sedang mencari handphone. Sementara di group Facebook khususnya forum jual-beli, mayoritas memang penjual atau sedang mencari barang. 
  2. Penawaran Saya memang menarik. Harga yang Saya tawarkan (Rp 1,2 juta) di bawah harga baru (Rp 1,5 juta). Ditambah lagi opsi bisa melakukan cicilan selama maksimal 12 bulan yang berarti cicilan per bulan hanya Rp 100 ribu. Murah, mudah, tanpa syarat. Selain itu Saya berikan jasa tambahan berupa kirim gratis ke seluruh Bandung. 

Jadi memang benar ya kalau orang semakin mudah tergiur untuk belanja barang yang mungkin tidak benar-benar butuh, jika diberikan fasilitas cicilan. Industri kartu kredit makin jaya nih. :p

Written by Bijak F. Putranto

April 22, 2013 at 7:13 am

Posted in Daily

Tagged with

Leave a Reply

