#bijakfputranto

@bijakfputranto

Ayo Menghafal Al-Qur’an!

with 6 comments

Ini sedikit lintasan Saya persis setelah bangun tidur tadi pagi. Kurang dari tiga bulan lagi, Saya akan berusia seperempat abad. Muda atau tua? Itu relatif saudara-saudara, tergantung dengan siapa dibandingkannya :p. Tapi sebenarnya yang menjadi concern Saya adalah, di usia se-tua (atau se-muda) ini, hafalan Qur’an Saya sangat kalah jauh dibandingkan dengan anak-anak kader PKS, yang banyak masih berusia di bawah 10 tahun. FYI, di milad PKS seminggu lalu yang diliput TVOne, ada sesi dimana anak-anak kader PKS unjuk aksi, ada yang menyanyi, menari, berpuisi, bahkan nge-rap! Uniknya, beberapa yang diwawancara mengaku sudah hafal Qur’an 30 juz. Awesome!

Ok, berangkat dari lintasan itu, Saya menargetkan untuk hafal 1 juz (lagi) sampai tanggal 15 Juli nanti-hari ulang tahun saya berdasarkan kaleder Masehi. Setiap rencana, mesti dijabarkan dalam tindakan nyata, bahkan kalau perlu dijabarkan aksi per harinya. Jika dihitung, menuju tanggal itu sejak hari ini berarti 3 bulan kurang 10 hari (+80 hari). Untuk mengantisipasi kemunduran capaian, maka buatlah target lebih tinggi daripada yang direncanakan. Jadi, target Saya tinggikan menjadi hafal 1 juz dalam 2 bulan (60 hari). Target yang tidak mudah.

Kalau 1 juz terdiri dari 20 halaman, maka 1 bulan Saya harus sudah bisa menghafal 10 halaman. Jika 1 bulan terdiri dari 30 hari, maka 1 halaman harus sudah bisa terhafal dalam 3 hari. Jika 1 halaman terdiri dari 15 baris, maka 1 hari harus sudah bisa menghafal 5 baris. Jika dalam sehari kita shalat 5 waktu, maka tiap selesai shalat kita hanya perlu menghafal 1 barisTampak lebih mudah. Well, kalau sudah dijabarkan begini, target yang tampak sangat mustahil sekalipun akan terasa lebih ringan untuk dijalankan.

Untuk mendukung pemantauan kemajuan, Saya coba membuat check-list form agar lebih disiplin, seperti yang di bawah ini:

day=60 hari target | date=25april-23juni | Page=20 halaman Qur'an | Check=tanda centang (v) jika target tercapai

Kalau target-target kecil seperti ini secara rutin dan disiplin dijalankan, 1 juz dihafal dalam 2 bulan, maka 1 tahun bisa terhafal 6 juz. Jika dilanjutkan, maka dalam waktu 5 tahun kita bisa menghafal semua isi Qur’an. Namun, rencana memang tidak akan semudah kenyataannya. Pasti akan ada saja hal-hal yang membuat perhatian kita teralihkan: aktivitas harian, kejenuhan, dan godaan lingkungan. Dan yang lebih penting lagi, menjadi seorang penghafal Qur’an memiliki tanggung jawab moral untuk tetap menjaganya-karena itulah mereka disebut Al-Hafidz. Kalau untuk menghafal saja kelihatan mudah, namun menjaga hafalan selama bertahun-tahun itulah yang sangat sulit untuk dilakukan, namun tak ada yang mustahil kan?

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

April 25, 2011 at 1:52 pm

Posted in Daily, Review

Tagged with , , , ,

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pasti golongan darahnya A ini kak bijak 😀
    hmm ide yang bagus nie,, perlu dicontoh…

    risnarahma

    May 3, 2011 at 2:36 pm

    • #eh,koq bisa tau?? dulunya pernah jadi asisten ki joko bodo ya? :p
      btw,blog risna bagus,emoticon-na unyu! dapet dari manakah?

      Bijak Fajar Putranto

      May 4, 2011 at 9:35 am

  2. Rohmatul Hidayah

    May 4, 2011 at 2:46 pm

  3. ide yang menarik,,sering terpikir namun belum dapat terbuka apa ya hati ini,

    nur

    July 27, 2013 at 9:23 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: