#bijakfputranto

@bijakfputranto

#iTWiC: One Day with WordPress

with one comment

One Day with WordPress|@ Business Room Speedy-Be Mall Lt.3A

Satu lagi kegiatan yang diadakan iTWiC (IT Telkom Web Developer Community), yaitu sesi berbagi antar anggota. Kali ini tema yang dibahas adalah tentang dasar-dasar penggunaan WordPress. Acaranya sendiri diselenggarakan dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu-16 dan 17 April 2011-lalu. Yang berminat ikut boleh memilih salah satu diantara kedua hari itu. Saya sendiri memilih untuk ikut di hari pertama, bersama Harland Firman, Muhamad Syukron Ma ‘mun dan Fraga Tanansyah.
Yang membawakan sesi kali ini adalah Bilhasry Ramadhony, mahasiswa tingkat akhir ITT yang pernah menjabat Ketua HMIF dan Presiden BEM-jarang2 aktivis ormawa bisa suka hal2 teknis kayak gini :p. Tempatnya pun dipilih agak jauh dari kampus ITT-di pelosok Dayeuhkolot sana- yaitu Be Mall yang bertempat di jalan Naripan. Kebetulan si Bil punya kenalan alumni ITT yang kerja di Telkom Speedy, jadi Business Room Speedy (lantai 3A) yang sudah tidak terpakai bisa digunakan. Tentang Be Mall sendiri, sepertinya akan segera ditutup karena sudah banyak toko yang dilelang-termasuk Business Room-nya Speedy. Sayang sekali sebenarnya, padahal kan bisa dipakai untuk semacam Hackerspace, karena HackerspaceBDG (markas FOWAB) yang sudah ada di jalan Taman Sari baru bisa memuat 25 orang.
Sesi berbagi ini sebenarnya dijadwalkan jam 9-15, namun karena karakteristik mahasiswa ITT yang agak malas keluar kandang, jadi di hari pertama acara baru dimulai jam 10. Mungkin karena baru pertama kali diadakan, dan memang benar-benar diset secara informal, jadi masih kurang persiapan. Saya sendiri baru install xampp dan wordpress di tempat, karena bayangan Saya di tempat sudah ada komputer lengkap dengan aplikasinya. Di sesi utamanya, bahasannya seputar instalasi dasar WP, edit theme, dan fungsi-fungsi dasar WP. Tak lupa, jajanan pasar sejenis arem-arem, kue lapis, dan lumpia menemani :p.

Yang paling penting dari acara ini menurut Saya bukan pada materinya, namun lebih kepada silaturahim anggota iTWiC, karena Saya yang sudah alumni ini juga masih ingin berkumpul dengan rekan-rekan muda yang masih punya idealisme dan semangat tinggi. Semoga acara seperti ini bisa lebih sering diadakan dengan fasilitas yang lebih layak. Doakan Saya semoga bisa membantu rekan-rekan iTWiC membangun hackerspace dan inkubator bisnis mereka sendiri, agar startup Indonesia dapat semakin menjamur dan bisa goes global.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

April 19, 2011 at 6:52 am

Posted in Daily, Event, Review

Tagged with , , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. semoga sukses dan good luck!!!

    nur

    July 27, 2013 at 9:24 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: