#bijakfputranto

@bijakfputranto

#AkberBdg: Lazypreneur

leave a comment »

Sedikit oleh-oleh dari event Akademi Berbagi Bandung (#AkberBdg) kemarin Jum’at, 15 April 2011 di ruang multimedia Comlabs ITB. Tema yang dibawakan kali ini adalah ‘lazypreneur’ oleh kang Dicky Sukmana (@dixxieland) yang juga mengklaim dirinya seorang lazypreneur.
Apa sih sebenarnya lazypreneur itu? Well, istilah tidak lazim ini sebenarnya bentukan dari lazy+entrepreneur: entreprenur yang memulai bisnis dengan melihat peluang usaha dari kemalasan orang lain. Kemalasan sendiri dipicu oleh semakin berkembang cepatnya teknologi digital. Misal, teknologi wireless memfasilitasi kemalasan orang membawa kabel, sementara komputer jinjing memfasilitasi kemalasan orang membawa komputer besar. Jadi, kalau kita mau kreatif, ada banyak kemalasan-kemalasan orang yang bisa menjadi peluang usaha.
Dari acara ini juga, saya baru tahu ternyata kang Dicky ini adalah orang di belakang layar akun twitter @infobandung, yang dibikin karena kemalasan juga. Kita semua yakin, bahwa pasti ada hal-hal yang tidak bisa dijawab oleh mbah Google. Contoh, jika di suatu malam kita mengalami pecah ban motor di sekitaran Dago, kemana kita harus menambal? Dengan mudah kita bisa bertanya kepada @infobandung, yang kemudian me-retweet kepada 88369 followernya (data 18 April 2011). Dan tanpa waktu lama, kita sudah bisa mendapat beberapa jawaban-tentunya dengan sedikit unsur keberuntungan juga.

Kang Dicky Sukmana dan aplikasi Twazzup.com| Taken from my BB

Intinya, teknologi informasi dan media sosial saat ini benar-benar mempermudah konsumen (market) sekaligus produsen (entrepreneur). Saat ini sudah sangat banyak tools untuk membantu pedagang mempromosikan barangnya, dengan berbekal “what’s up now?”-apa yang sedang nge-trend detik ini di seluruh belahan dunia. Diantara beberapa tools itu antara lain: twazzup.com, icerocket.com, tweetstats.com, dan twitalyzer.com.
So, find your laziness from now!

Featured Image source: Kepala Sekolah Akademi Berbagi Bandung, Fadilla Tourizqua (@ikazain)
Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

April 18, 2011 at 6:56 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: