#bijakfputranto

@bijakfputranto

#Review: Entrepreneur Mindset in #AkademiBerbagi

leave a comment »

Salah satu kebiasaan buruk Saya adalah suka menunda-nunda pekerjaan, sampai menjelang deadline. Maklum, mungkin Saya masih ada hubungan darah dengan Sangkuriang yang menerapkan sistem SKS waktu bikin perahu (ngeles Mode: ON). Menulis review dari kegiatan yang Saya lakukan juga termasuk hal yang paling sering Saya tunda. Tapi pagi ini, Saya paksakan untuk menuliskan sedikit catatan hasil kunjungan Saya ke kelas Akademi Berbagi dua hari yang lalu.

Perjalanan menuju tekape tidak terlalu sulit dari kantor. Cukup naik TransJakarta dengan rute: Pasar Baru-Harmoni-Bunderan Senayan, yang kemudian dilanjut dengan jalan kaki sekitar 500 meter ke Jl.Jenggal II no.9 Jakarta Selatan. Yup, kali ini kelas AkBer diadakan di kantor Mien R. Uno Foundation (MRUF). MRUF merupakan yayasan yang didirikan oleh Mien R. Uno, seorang pendidik profesional dan motivator yang juga ibunda dari pengusaha Sandiaga S. Uno dan Indra C. Uno (Chairman MRUF) yang menjadi narasumber pada kelas AkBer kali ini.

Selepas maghrib, kelas dengan tema Entreprenur Mindset langsung dimulai. Sebenarnya ini bukan tema yang unik, namun dalam rangka menghindari rutinitas pulang kantor, dan untuk meng-charge semangat entrepreneurship, Saya hadir. Di awal, materi langsung di buka dengan ‘2 minutes Isenberg Entrepreneur Test’, yaitu 19 Yes/No Question yang menilik apakah kita memiliki kriteria menjadi seorang entreprenur. Jika kita menjawab sekurangnya 15 pertanyaan dengan YA secara antusias, maka bisa dipastikan kita memilikinya.

Setelah itu, tujuh orang peserta yang sudah memiliki usaha diminta untuk berbagi (namanya juga Akademi Berbagi :p). Ada yang memiliki bisnis kuliner, ada juga yang berkecimpung di industri kreatif. Namun, satu kesamaannya adalah: mereka tidak takut gagal mencoba (takut gagal itu manusiawi koq :)) Kemudian  fakta yang diungkap (lagi) adalah bahwa: uang bisa dicari, hanya perlu ide, dan learning by doing.

Terakhir, sesi materi ditutup dengan info: ada sebuah penelitian yang mengungkapkan, jika kita melakukan hal yang sama dan rutin selama 18 bulan berturut-turut, maka challenge level akan turun yang berakibat pada brain capacity juga menurun. Jadi, pindahlah bekerja setiap dua tahun sekali (ini kesimpulan Saya sendiri :D). Oiya, menjadi seorang entrepreneur juga bukan selalu karena uang, ia hanyalah efek samping dari usaha yang kita lakukan. Pastikan kita melakukannya dengan passion dan demi mendapatkan meaning of life. Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank, menjadi contoh kasus social entrepreneurship.

Waktu sudah menunjukkan pukul 20:10. Saya rasa sudah waktunya pulang (karena rumah Saya yang jauh dari tekape). Namun Saya sempatkan bincang sejenak dengan Direktur Eksekutif MRUF, Nanang Suryanto, tentang program apa saja yang dimiliki MRUF. Salah satu yang di-highlight adalah program bantuan (dana) untuk usaha mikro (dibawah Rp50 juta; kalau UKM itu dibawah Rp500 juta). Syaratnya, usaha sudah berjalan minimal setahun. Nanti, prosesnya melalui Lembaga Keuangan Syariah BMT Kayu Manis (di Jakarta) dan Tadbiirul Ummah (di Bogor) yang merupakan lembaga keuangan yang bekerja sama dengan MRUF. Oiya, satu tips lagi yang Saya dapatkan: jika kita memiliki ide bisnis untuk dibiayai, pastikan itu bisa disampaikan pada investor dalam percakapan 30 detik, atau yang biasa disebut dengan Elevator Speech–>Bayangkan anda berdua di dalam lift dengan seorang investor kaya dan sangat sibuk, sedang menuju lantai 20. Dan anda harus menyampaikan ide itu maksimal 30 detik, hingga si investor menjadi tertarik untuk menanamkan modalnya pada bisnis anda.

Sekian dulu reportase Saya kali ini, semoga bisa memberi manfaat. 🙂

Leave a Reply

