#bijakfputranto

@bijakfputranto

Alanda Kariza, Sebuah Kisah

with 5 comments

Kemarin, nama seorang wanita bernama Alanda Kariza mendadak tenar di sekitarku. Hampir semua teman membicarakannya. Di twitter dan BBM beberapa rekan membagi tautan yang sama, menuju: alandakariza.com/ibu. Ada apa gerangan? Siapakah sebenarnya Alanda Kariza? Tentang apa sebenarnya artikel itu bercerita?
Nama Alanda Kariza (AK) pertama kali Saya dengar empat hari yang lalu melalui radio mobil dalam perjalanan liburan menuju Pantai Maron, di Semarang. Sang penyiar radio menggemborkan sesosok wanita muda berprestasi, salah seorang kebanggaan bangsa ini. Digambarkan, Alanda mulai menulis buku (atau novel ya?) semenjak usia 10 tahun. Dia juga aktif dalam organisasi pemuda Global Changemaker serta menjadi inisiator Indonesian Youth Conference (IYC). Saat ini usianya 19 tahun, dan dia sedang dalam masalah (kalau tidak bisa dibilang ujian berat dalam hidup).
Melalui blognya, pada artikel berjudul “Ibu, 10 Tahun Penjara, 10 Milyar Rupiah”, AK menuturkan kepedihannya ketika ibunya yang tersangkut (atau dijebak?) dalam skandal Bank Century (BC) harus menerima vonis hukuman kurungan 10 tahun dan denda 10 milyar rupiah. Sementara dua orang lainnya yang justru memiliki jabatan lebih tinggi di BC, hanya mendapat hukuman kurungan 6 dan 8 tahun. Miris! Inilah hukum di Indonesia, bagaikan pisau yang tajam ke bawah tumpul ke atas.
Namun, dari kisah ini Saya banyak mengambil pelajaran. Tentang musibah ini, yakinlah kita bahwa setiap insan akan diuji. Tapi lihat, kematangan sikaplah yang membedakan cara menyikapinya. Seorang Alanda yang melalui akun twitternya @AlandaKariza, menunjukkan ketegaran yang luar biasa. Karakternya yang bisa kubilang mendekati karakter #YoungOnTop, terpancar jelas dalam tulisannya yang dewasa. Kemampuannya berbahasa Inggris telah mengantarkannya pada posisi seperti sekarang ini dengan relasi orang-orang ‘besar’, kepopuleran positif, dan dukungan komunitas negeri. Pada satu sisi, Saya iri dengan prestasi Alanda. Namun di sisi yang lain keirian tadi memunculkan motivasi. Terima kasih Alanda, semoga Allah menguatkanmu dan menjadikan semua ini mudah bagimu. Semangat berjuang!

*typed in Depok Express by Curve 9300

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

February 10, 2011 at 6:56 am

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. salam kenal teman sebelah waktu seminar media online detikcom di Bandung

    Didno

    February 13, 2011 at 5:53 am

  2. waw… ane baru denger sekarang hehee…
    *ga gaul bener 😦

    siiiip… thanks amandanya bro… eh, alanda ding :p

    dhedhi

    February 16, 2011 at 10:58 am

  3. hukum di indonesia masih memprihatinkan
    yang salah bisa bebas, yang benar bisa dihukum…

    capung laut

    July 24, 2011 at 3:06 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: