#bijakfputranto

@bijakfputranto

Pengemis Berseragam

leave a comment »

Sedikit berbagi tentang pengalaman buruk berurusan dengan polisi. Ini memang yang kesekian kali, dan tidak pernah sekalipun berurusan dengan polisi dan berakhir indah. Kejadian ini membuat Saya menjadi semakin tidak hormat pada organisasi bernama Kepolisian RI. Meskipun hanya berurusan dengan oknum tertentu, namun Saya yakin di level yang lebih tinggi, kejadian inipun berlaku dengan kadar yang lebih berat. Begini ceritanya:
Kemarin, dalam perjalanan pulang ke Jakarta menggunakan mobil travel (Persada Intercity) dari Semarang, di gerbang tol Sadang, sebuah mobil polisi ‘Highway Patrol’ berjalan dari arah berlawanan. Tiba-tiba, si mobil polisi melakukan putaran U, dan mengejar mobil travel. Dengan sedikit klakson & sirine, sebagai tanda supaya mobil travel berhenti. Karena tidak mungkin kabur, mobil travelpun berhenti. Si sopir travel langsung turun sambil mengambil uang Rp10000 dari dashboard. Tidak sampai 1 menit, si sopir kembali ke mobil dan langsung menjalankan kembali mobilnya.
Tanpa diminta, si sopir langsung bercerita, kejadian seperti itu sudah biasa. Uang Rp10000 sebagai upeti untuk si polisi. Alasannya, untuk mengganti tilang karena mobil travel dari daerah Jateng & Jatim menggunakan plat hitam, padahal seharusnya untuk angkutan umum, platnya kuning. Jadilah upeti dari travel ini sebagai fix income buat si polisi. Apa kabar anak dan istrinya yang makan dari uang haram ya?
Ya, polisi menurut Saya memang telah menjadi pengemis dengan seragam kebesarannya. Mulai dari level rendah sampai pejabat sekalipun, yang membedakan hanya nominal. Ganti pemimpin belum bisa memberikan perubahan, selama masih dikontrol oleh kekuatan mafia yang jauh lebih besar.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

February 8, 2011 at 9:26 am

Posted in Daily

Tagged with , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: