#bijakfputranto

@bijakfputranto

#Review: TidyPub

leave a comment »

Di era media sosial yang sedang booming ini, aplikasi dan situs baru laksana jamur di musim hujan. Satu dan lainnya berlomba memberikan tawaran menarik. Tidak seperti produk tangible pada umumnya yang satu dengan lainnya saling memangsa, aplikasi media sosial saat ini justru saling mendukung fungsi dan peran.

TidyPub, sebuah situs yang entah sejak kapan dia hadir di dunia Internet, yang jelas belum lama Saya kenali. Satu kata yang bisa mendeskripsikan: simple! Tapi ternyata kesederhanaan dalam tampilan bisa memiliki kemanfaatan yang tidak sederhana. TidyPub yang memiliki tagline ‘Publish online any text in a readable and easy to share form’ berfungsi sebagai tempat membuat pengumuman atau berita instan.

Satu contoh kasus, kemarin Saya mendapat surel tentang beasiswa YPT (Yayasan Pendidikan Telkom) untuk mahasiswa baru. Langsung Saya teringat kedua adik Saya yang duduk di kelas 3 SMA dan akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Saya harus menginfokan hal ini kepada mereka. Masalahnya, Saya tidak punya alamat surel mereka. Komunikasi kami secara online biasanya melalui Twitter. Twitter sendiri merupakan situs mikroblogging yang hanya bisa memuat “kicauan” sebanyak maksimum 140 karakter. Berarti Saya hanya bisa menyampaikan tautan ke info beasiswa ini. Daripada menelusuri situs tempat info beasiswa ini berasal, lebih cepat jika Saya mempublikasikan melalui blog Saya. Tapi berhubung Saya sedang tidak membukanya, akhirnya TidyPub menjadi pilihan. Langkah-langkah yang Saya lakukan: (1)  menyalin info beasiswa dari surel, (2) menempelkan di TidyPub, (3) menyalin URL hasil publish dari TidyPub, dan (4) menempelkan URL tadi pada “kicauan” Saya (tidak lupa me-mention kedua adik Saya dan).

Just that simple! Kita sebagai pengguna Internet benar-benar dimanjakan. Oiya, sebagai tambahan, alasan lain untuk lebih memilih TidyPub dibanding mem-posting info atau berita di blog kita sendiri adalah: jenis publikasi tidak sesuai dengan pencitraan atau karakter blog kita. Misalnya, blog kita bercerita tentang teknologi informasi, tapi publikasi yang mau kita buat tentang kesehatan. Kan malah jadi Jaka Sembung! :p

Written by Bijak F. Putranto

February 2, 2011 at 10:43 am

Posted in Daily, Review

Tagged with , , , ,

Leave a Reply

