#bijakfputranto

@bijakfputranto

#AkademiBerbagi: Career in Social Media

leave a comment »

Sedikit catatan dan reportasi dari kumpul rutin Akademi Berbagi pada Rabu 19 Januari 2011 lalu. Bertempat di Gedung Galaktika Jl. RM Harsono no.2 Ragunan, Jakarta Selatan. Acara sebenarnya dijadwalkan mulai pukul 18:30, tapi karena banyak peserta yang telat, kelas baru benar-benar dimulai jam tujuh lebih. Praktisi social media, Tuhu Nugraha (@tuhunugraha) diminta mengisi materi ‘Career in Social Media’.

Social Media (SM) saat ini telah menjadi media mainstream di Internet. Isu ini memunculkan talenta-talenta baru. Akhirnya, karir pada bidang ini pun dirasa mulai menunjukkan kecerahannya. Pada intinya, ada dua jenis karir pada media sosial: (1) SM HelpDesk dan (2) Social Strategist.

SM HelpDesk (SMHD)

Deskripsi pekerjaan SMHD adalah melakukan pekerjaan rutin mengupdate SM perusahaan atau klien. Selain itu, SMHD juga harus berkoordinasi dengan divisi lain pada perusahaan.Dengan deskripsi pekerjaan tersebut, maka dibutuhkan orang dengan kompetensi:

  • pemahaman dasar SM
  • aktif di SM
  • kemampuan copy writing
  • kemampuan teknis terhadap analisis sistem
  • kemampuan membuat laporan
  • interpersonal skill

Sedikit catatan tentang pentingnya interpersonal skill, bagaimanapun dalam berperan sebagai helpdesk, seseorang tidak mungkin melepaskan personality-nya sebagai individu. Nantinya bisa jadi karakter si helpdesk akan menggambarkan karakter dari sebuah produk atau merek. Oleh karena itu, pastikan pemilihan helpdesk yang tepat sesuai dengan karakter dari produk atau merek yang diwakilkan. Latar belakang dari seorang SMHD seharusnya adalah SM celebrity, SM enthusiast, dan individu kreatif.

Sedikit tips jika ingin berkarir sebagai SMHD: aktif di SM dan pelajari bagaimana teknik berkomunikasi (khususnya menulis kreatif) dan tren SM. Selain itu, sering-seringlah berkumpul dengan pecinta SM, karena jejaring inilah yang nantinya akan membuka banyak kesempatan karir.

SM Strategist (SMS)

Deskripsi pekerjaan seorang SMS adalah menganalisis program SM, secara proakif memberi masukan mengenai perkembangan dunia SM, dan memikirkan keterkaitan antara strategi dan nilai bisnis dengan SM. Sehingga, kompetensi yang dibutuhkan:

  • pemahaman bisnis secara menyeluruh
  • pemahaman marketing dan consumer behavior
  • pemahaman keterkaitan SM dengan bidang lainnya
  • pemahaman tren SM
  • kemampuan analisis secara tajam

Sebagai perencana strategis SM, mereka juga harus memikirkan bagaimana tweet/status sesuai dengan brand identity. Bagaimanapun posisi SMS merupakan bagian dari proses bisnis perusahaan yang besar. Untuk menjadi seorang SMS, latar belakang yang dibutuhkan adalah pengalaman kerja di digital industry dan marketing. Tentang latar belakang pendidikan, biasanya dari prodi komunikasi, pemasaran, dan manajemen. Di negara maju, seorang SMS biasanya bergelar MBA (Master of Business Administration).

Tips untuk berkarir sebagai SMS: pelajari tren SM dan konsekuensi terhadap perilaku konsumen serta asah kemampuan berpikir strategis dan mampu memetakan komunitas dan influencer. Secara umum, pengetahuan tentang bisnis dan manajemen juga sangat penting.

Sebagai tambahan, ada beberapa insight baru yang Saya dapat dari pertemuan AkBer ini:

  • Social Commerce: keinginan terhadap sebuah produk di-drive oleh SM. Sebagai contoh, P&G di Amerika menjual popok melalui FB. -_-“
  • Pemerintah juga sebenarnya sangat membutuhkan SM, karena produk mereka-berupa kebijakan- adalah produk yang dikonsumsi oleh orang banyak. Sayangnya, pemerintah selalu saja belum siap. 😦
  • SMHD mau tidak mau akan menjadi seorang selebritis (di dunia maya). 🙂
  • SM cenderung kepada model B2C (Business to Costumer). Sedangkan untuk model B2B (Business to Business) sepertinya kurang efektif.
Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

February 1, 2011 at 9:05 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: