#bijakfputranto

@bijakfputranto

Setahun Pertemuan

leave a comment »

Hari ini, 24 Januari 2011, tepat setahun pertemuan antara Aku dan seorang wanita yang saat ini menjadi pendamping hidupku. Serasa begitu cepat waktu berlalu. Sembilan bulan sudah kami tapaki jalan pernikahan ini. Banyak cerita. Suka dan “suka”. Karena kami selalu memaknai segala sesuatunya hanya dengan dua hal: Syukur & Sabar.

Cerita kami memang tak biasa. Tak ada PDKT. Tak ada pacaran. Hanya sesuatu yang lazim dikenal orang dengan ta’aruf. Sekedar mengenang, maka beginilah napak tilasnya.

  • Akhir November 2009. Di sebuah pertemuan rutin pekanan kusampaikan niatku untuk menggenapkan separuh dien kepada murabbi (baca: guru ngaji). Tak lupa biodata singkat terlampirkan. Tentang biodata, dia hanyalah empat halaman A4 yang dicuplik dari CV, dan diedit seperlunya selama menunggu waktu adzan isya.
  • 30 Desember 2009. Sebuah pesan singkat masuk ketika Aku sedang mengajar. Intinya, biodata seorang wanita yang bisa menjadi salah seorang kandidat telah terlampir di emailku. Tak sabar, segera kuselesaikan kelas siang itu. Dengan berdebar, kubuka email, kubaca seksama, tak lupa tersenyum, dan langsung kuforward ke email orang tuaku. Sejam kemudian, telepon dari ortu menentramkan hati. “Bapak & Ibu sih setuju saja. Kami jalani dulu prosesnya yah.” Malamnya, beberapa raka’at istikharah mengisi waktuku. Terpanjatkan do’a, mohonkan yang terbaik pada Allah ta’ala. Besoknya, kumantapkan dalam hati, kusms murabbi: “Insya Allah ane bersedia melanjutkan prosesnya.”
  • 10 Januari 2010.  Sore hari. Sembari berbaring di kasur tipisku, kubaca pesan singkat: “Akh, insya Allah akhawatnya bersedia juga untuk melanjutkan prosesnya. Segera akan diagendakan untuk pertemuan.”
  • 24 Januari 2010. Pagi hari di sekitaran Ujung Berung, Bandung. Di sebuah rumah, lima orang berkumpul: Aku, Murabbi, Sang Kandidat, Murabbiyah Sang Kandidat beserta suaminya. Hasil pertemuan: kami berdua sepakat untuk melanjutkan prosesnya setelah meyakini bentuk fisik yang sesungguhnya. Selanjutnya, Aku harus menghadap orang tuanya.
  • 27 Januari 2010. Malam hari di Depok, rumah calon mertua. Selepas isya, pertemuan dimulai hingga 4 jam setelahnya. Percakapan panjang tentang keluarga, pekerjaan, visi&misi serta rencana ke depan mengisi obrolan kami. Aku semakin mantab, begitu juga calon mertua.
  • 31 Januari 2010. Pagi hari di Teluk Buyung no.1 Bandung, rumah kontrakanku. Hari itu dijadwalkan Sang Kandidat bertemu orang tuaku.  Sang Kandidat ditemani adiknya. Mereka berempat: kedua ortuku, Sang Kandidat, dan adiknya makan siang bersama. Tanpa Aku, supaya obrolan menjadi lebih terbuka, serta tidak mengundang fitnah orang-orang tentang Aku & Sang Kandidat. Agenda selanjutnya: Khitbah.
  • 20 Februari 2010. Berangkat dari Bandung menuju Depok dengan mobil penuh seserahan. Sepanjang perjalanan, lagu yang diputar: Yovie&Nuno-Janji Suci. Malamnya, di awali dengan perkenalan kedua keluarga, dilanjutkan dengan pernyataan meminang dari orang tuaku kepada orang tua Sang Kandidat. Gayung bersambut, secara status: We’re Engaged.
  • 24 April 2010. The D-Day. Hari dimana kami mengikat janji suci. Seolah bersumpah sehidup semati. Masjid Kubah Mas menjadi saksi. Inilah awal dan akhir. Selamat datang cinta. Sang Kandidat telah menjadi Sang Pencinta.

Setelah ini masih ada lagi hari-hari yang penuh cerita. Cerita yang penuh kejutan. Setidaknya menikahpun merupakan kejutan untuk kami berdua, karena kami hanya bertemu enam kali sebelum menikah. Semoga dengan bertambahnya waktu, semakin bertambah kuat ikatan cinta kami. Amiin.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

January 24, 2011 at 10:46 am

Posted in Daily

Tagged with , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: