#bijakfputranto

@bijakfputranto

Saatnya Mendewasa

with one comment

Malam ini jutaan rakyat Indonesia bersedih,karena tim sepakbolanya kalah 3-0 atas negeri tetangga. Hal yang sepele sebenarnya,karena ini tak lebih dari sekedar permainan belaka yang masih menganut hukum pastinya: ada yang menang, ada yang kalah.
Namun karena ditempeli oleh atribut-atribut lain,pertandingan malam ini menjadi tidak biasa. Selain karna Indonesia belum pernah sekalipun membawa piala AFF semenjak pertama kali diadakan (1996), Malaysia yang menjadi lawan ,merupakan saudara serumpun yang tak pernah akur (secara kebangsaan) dengan Indonesia. Mulai dari kasus klaim terhadap beberapa budaya,sampai perebutan wilayah perikanan. Dari sengketa pulau perbatasan, hingga penyiksaan tenaga kerja informal.
Keadaan semakin diperparah oleh sejumlah oknum supporter Malaysia yang mengarahkan laser-berwarna hijau- kepada kiper Timnas sehingga mengganggu konsentrasi dan melemparkan petasan ke dalam lapangan.
Dari sini,kita perlu menyikapi bahwa kekalahan ini harus kita akui. Mental kita belum layaknya jawara. Dari segi kualitaspun, Malaysia masih lebih unggul.
Mulai saat ini,mendewasalah kawan. Jangan lagi menyalahkan keadaan,kabur dari kenyataan. Mungkin inilah yang terbaik bagi kita.

Tantangan di depan masih membentang. Kualitas kita bukan dipengaruhi oleh seberapa buruknya kompetitor kita, tapi seberapa hebat kita diantara mereka. Kualifikasi manusia hebat di mata Tuhan masih sama, yaitu yang paling bertaqwa, bukan yang menang main bola- 😀
“Tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik”.
#siap2besokpagiberaktivitaslagi

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

December 26, 2010 at 9:40 pm

Posted in Daily

Tagged with , , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kuyakin kelak kita menang.

    Andika

    January 19, 2011 at 9:51 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: