#bijakfputranto

@bijakfputranto

Hari #1:Expert Directory

leave a comment »

Sedikit pencerahan aku dapatkan semenjak bimbingan terakhir hari Senin,22 Februari 2010. Lingkup penelitian yang menurutku terlalu luas, akhirnya dipersempit oleh tawaran dari Prof.Jann Hidajat Tjakraatmadja (pembimbingku-red) untuk fokus di pengembangan expert directory system. Konsekuensinya, ruang yang lebih sempit menuntut kedalaman pemahaman yang lebih dan pastinya akan lebih disibukkan oleh detil-detil. Padahal the devil is in the detil, begitu kata pak Subiyakto (dosen financeku-red).

Diawali dengan googling dengan kata kunci “expert directory”, maka muncullah banyak situs-situs asing. Hampir tidak aku temukan situs berbahasa Indonesia ataupun situs yang berasal dari Indonesia. Hal ini menggelitik penasaranku, apakah Indonesia memang belum memiliki EXPERT yang diakui sebagai EXPERT. Atau karena kemalasan mengelola, sehingga tidak ada yang berinisiatif untuk mengumpulkan seluruh ahli dari berbagai bidang di seluruh penjuru negeri dalam satu direktori.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata ada satu dari kampus sendiri. Coba liat saja sendiri di sini. Disamping masih sangat-sangat sedikit, kelihatan sekali belum terkelola dengan baik. Disinilah peranku untuk menciptakan sebuah prototipe expert director yang baik dan dapat diaplikasikan sesuai budaya Indonesia.

Sebagai sebuah hipotesa awal, expert directory adalah kumpulan profil-profil para ahli dari berbagai bidang keilmuan yang disimpan secara rapi sehingga memudahkan untuk mencari referensi dalam kerangka manajemen pengetahuan. Ringkasnya, ini semacam yellow pages book yang kontennya adalah profil para ahli. Pengembangannya bisa sangat luas sekali.

Sebenarnya kalau dilihat di situs Knowledge Center SBM ITB sudah ada fitur profile para dosen SBM yang dalam hal ini bisa dianggap sebagai EXPERT. Hanya saja masih perlu banyak perbaikan. Dan sekarang Aku sedang mencoba mendata atribut apa saja yang seharusnya ada di profile seorang EXPERT. Biar lebih ada arahan, aku kutip sedikit dari Wikipedia di sini.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

February 24, 2010 at 5:30 pm

Posted in Uncategorized

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: