#bijakfputranto

@bijakfputranto

Tizi, kenikmatan tersendiri

with one comment

Bandung merupakan kota yang sangat kaya dengan aneka variasi kuliner. Mulai dari yang kelas kaki lima sampai bintang lima, semua tersedia di bandung. Salah satu pilihan yang mungkin boleh kamu coba adalah Tizi. Bukan bermaksud promosi, tetapi inilah salah satu catatan petualangan kuliner di kota Bandung. Bukan juga dengan niat ingin menjelajahi penganan sekota Bandung, tapi lebih tepatnya karena terpaksa. Terpaksa karena ditraktir dua orang teman yang sedang berulang tahun. (For Fajar & Iston, thanks a lot bro!!)

Tizi berlokasi di bilangan simpang Dago, yang merupakan perempatan jalan merupakan perpotongan jalan Dipati Ukur dan Jl.Ir. Djuanda. Dari simpang Dago, kamu teruskan saja menuju Utara. Kurang lebih 100-200 meter, kamu bakal menemukan belokan jalan ke kiri, kalau tidak salah persis di sebelah kantor PDAM. Nah, kamu masuk saja jalan itu kurang lebih 50 meter, Tizi ada di kiri jalan dengan tempat parker yang cukup luas.

Tizi yang katanya sudah berdiri sejak jaman Belanda, memang bertempat di sebuah bangunan tua khas rumah Belanda. Di sini kamu bisa menikmati aneka steak, pizza, salad, dan makanan & minuman yang ‘berbau tempo doeloe’ atau mungkin masih membawa ciri khas keBelandaannya.

Ruangannya yang diterangi lampu kuning , membawa kesan romantis dan menenangkan. Cocok banget buat kamu yang sudah berkeluarga untuk membawa pasangan (dan anak, bagi yang sudah punya). Bagi pasangan  yang belum menikah, sebaiknya nikah dulu  (supaya lebih berkah menikmati hidangan berdua ^_^). Kalau yang masih kuliah (seperti Saya), lebih asyik kalau bareng teman-teman, apalagi kalau gretongan :p

Kalau menurut Saya, yang paling dicari disini adalah steaknya. Tapi jangan salah, steak disini tidak seperti di restoran steak kelas mahasiswa. Karena, selain variasi dagingnya yang lebih banyak, harganya pun bisa mencapai 2-4 kali harga steak pada umumnya yang biasa dikonsumsi mahasiswa. Harga seporsi steak plus minuman, mungkin sama dengan jatah makan kamu 2 hari (rata2 diatas 40ribu-an). Jadi, sangat tidak disarankan buat mahasiswa yang tidak berwirausaha, apalagi untuk akhir bulan. Saran Saya, todonglah teman kamu yang berulang tahun atau baru selesai sidang tugas akhir untuk mentraktir makan di sini.

Untuk waktu, yang paling tepat adalah sore hari, sekitar jam 4-5. Karena selain belum terlalu ramai (jadi pesanan kamu bisa datang lebih cepat), kamu juga akan terhindar dari resiko perut buncit, karena kamu masih punya waktu sekitar 4-5 jam sebelum kamu tidur (FYI, tidur setelah makan bikin perut kamu buncit, apalagi kalau habis makan di Tizi yang bikin perut kamu sangat penuh). Selesai makan, kamu juga bisa langsung shalat maghrib di sini. Tapi karena memang konsep Tizi adalah rumah, jadi mohon maaf, tempat shalatnya pun sangat sederhana.

Selesai shalat maghrib, kamu masih punya waktu sebelum pulang untuk menyalurkan hobi dan bakat narsis kamu untuk photo-photo. Saya sarankan kamu membawa kamera digital. Karena pencahayaan yang kurang, kalau cuma pake HP, bikin photo kamu gelap dan tidak memancarkan aura pesonamu. Setelah puas, baru pulang. Jangan lupa bayar dulu yah.

Oke, sampai disini dulu petualangan kuliner kita. Kapan-kapan kita eksplorasi lagi tempat lainnya. Jangan lupa untuk tetap rajin berolah-raga, karena asupan yang sehat tapi kalau tidak diimbangin dengan olahraga yang teratur bisa bikin kamu malah tidak sehat, Tetap semangat, supaya kita bisa jalan-jalan dan makan-makan lagi.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

December 5, 2009 at 8:20 pm

Posted in Uncategorized

Tagged with , , , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. wahh nungguin review cake nya
    ternyata gak ada…

    temen pernah nyritain cake di tizi 😦

    asri

    December 19, 2009 at 2:56 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: