#bijakfputranto

@bijakfputranto

Makhluk Tuhan Paling Sexy

with 7 comments

“….Kamulah makhluk Tuhan…
….yang tercipta..yang paling sexy…”

(Mulan Jameela-Makhluk Tuhan Paling Sexy)

Siapakah yang tidak mengenal lagu tersebut? Tidak hanya kalangan remaja dan dewasa saja penikmatnya. Akupun pernah mendengarkannya keluar dari mulut seorang bocah, yang mungkin umurnya baru beranjak 6 tahun.
Tapi kali ini, kita tidak sedang mendiskusikan tetek-bengek tentang lagu tersebut. Melainkan pada penggalan lirik yang cukup menggelitik. Sebenarnya, siapakah makhluk Tuhan yang paling sexy? Tanpa bermaksud diskriminasi gender, karena lagu ini dinyanyikan oleh seorang wanita, maka asumsi yang digunakan adalah makhluk Tuhan tersebut adalah pria.
Istilah ‘sexy’ yang sudah terserap menjadi salah satu kosa kata bahasa Indonesia, jika diartikan secara bebas dari bahasa aslinya berarti: memiliki sifat yang terasosiasi dengan sex. Yaitu bentuk tubuh yang merangsang birahi, membangkitkan syahwat, menaikkan libido, dan membakar gairah. Coba tengok sejenak definisi seksi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berikut:

3sek·si /séksi/ a merangsang rasa berahi (tt bentuk badan, pakaian, dsb)

Jika demikian, maka lekatlah pada benak kita pada spesies pria yang sering disebut ‘metroseksual’. Jika ia memiliki ciri: tubuh wangi dibalut parfum mahal, pakaian branded kelas dunia, dan punya presisi yang detil tentang perawatan tubuh luar dan dalam, maka masuklah ia pada kategori tersebut. Iconnya: David Beckham.
Pemilihan bintang sepakbola AC Milan yang pernah sebelumnya memperkuat Manchester United dan Real Madrid itu sebagai icon memanglah cerdik. Hal ini untuk menghancurkan persepsi kuno, bahwa metroseksual identik dengan homoseksual. Karena Beckham tercitrakan sebagai lelaki sejati(bukan gay), ayah dan suami yang ‘baik’, maskulin, serta profesional. Possitioning seperti itu jugalah yang ingin dicirikan oleh merk ‘metroseksual’ ini.
Sedikit menoleh pada sejarah, para mufassir berpendapat bahwa kaum Nabi Luth di kota Sodom dan Gomorah yang makmur, telah menggiring mereka menjadi bangsa pesolek. Karena seringnya berdandan, mengakibatkan para lelaki mengagumi ketampanan. Itulah akar pohon penyimpangan yang menyebabkan Allah menurunkan azabnya ketika itu.
Sampai di sini, hipotesa kita adalah: makhluk Tuhan(pria) yang paling sexy adalah pria metroseksual. Jangan senang dulu kawan. Karena di dunia ini tiada yang abadi. Begitu pula dengan tren ini.
Menurut sebuah riset di Euro RSCG, bahwa pria masa depan adalah: Uberseksual. Istilah uber, berasal dari kosakata Jerman yang berarti ‘di atas’ atau ‘superior’. Sehingga, konsep uberseksual menitikberatkan pada keunggulan kualitatif.
Pria uberseksual, menurut Marian Salzman-Kepala Riset di Euro RSCG-, adalah pria yang menggunakan aspek positif maskulinitas(kepercayaan diri, kepemimpinan, dan kepedulian terhadap orang lain) dalam kehidupannya. Karakter paling kuat dari seorang pria uberseksual adalah sangat peduli pada nilai dan prinsip hidup. Sehingga tidak salah jika spesies ini lebih memilih untuk memperkaya ilmu dan wawasannya di jeda-jeda waktu kosong yang dimiliki. Bono U2 yang menggunakan sisa waktunya di sela kesibukan turnya untuk kegiatan memerangi kemiskinan dan kelaparan di Afrika adalah salah satu contoh tokohnya.
Yang perlu diingat, bahwa pria uberseksual bukan berarti tidak menarik secara penampilan. Aura yang memancar menjadi suatu kutub magnet yang alami. Mereka elegan dengan tampilan sederhana sekalipun.
Jadi, terminologi sexy perlu diredefinisi atau paling tidak mengalami perluasan makna. Dunia membutuhkan ‘pria-pria sexy’ yang memberikan kontribusi konkritnya demi kehidupan yang lebih baik. Bahkan,bukan tidak mungkin tren dunia selanjutnya akan bergeser(lagi) membentuk spesies baru, yaitu pria-pria yang tidak hanya menarik secara penampilan, cerdas secara pemikiran, namun juga kokoh dalam keimanan(baca: memiliki spiritualitas tinggi).

================================================================

Reference:

Jalan Cinta Para Pejuang(bab Lelaki-lelaki Pelangi): Salim A Fillah

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

February 5, 2009 at 7:45 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , ,

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ada yang ketularan*) menggunakan “Kamus Besar Bahasa Indonesia”!
    Mau mendefinisikan ulang kata “sexy”, jak? Butuh berapa tahun nih..

    *) KBBI :
    ke·tu·lar·an v kena penyakit yg menular; kejangkitan.

    putrichairina

    February 5, 2009 at 8:01 am

  2. hohohoho..belum dibikin copyright-nya kan???jadi belum ngelanggar hak cipta donk…^_^

    bijakfajar

    February 5, 2009 at 11:56 am

  3. waaaahhhh….keduluan euy bukan yg pertama lagi… 😦

    fuji

    February 5, 2009 at 5:47 pm

  4. ^gpp…yg pertama belum tentu yang terbaik koq..^_^

    bijakfajar

    February 7, 2009 at 4:42 pm

  5. assalammualaikum,
    salam kenal mas! saya juga suka banget bukunya Jalan Cinta Para Pejuang. Tadi waktu buka blog mas ini mikir, kok rasa2nya pernah baca nih artikel sebelumnya, hehe
    btw, sekali lagi, salam kenal.

    emeld

    July 10, 2009 at 5:54 am

  6. @emeld
    wa’alaykumsalam…
    buku itu salah satu yang dianjurkan untuk mahasiswa psikologi yah… ^_^

    bijakfajar

    July 10, 2009 at 9:53 am

  7. ga kok mas,,, buku itu dianjurkan bagi orang2 yg beriman. hehehe ammiiiinnn

    emeld

    July 10, 2009 at 2:26 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: