#bijakfputranto

@bijakfputranto

Duka Nestapa Seorang Bujang

with 17 comments

Malang nian nasib orang yang, oleh Allah, dicabut dari hatinya keinginan untuk beramal, berbuat baik. Sebagai suatu yang saling menggantikan, jika tidak berbuat baik, maka bisa dipastikan akan berlaku negasinya, berbuat buruk. Karena tidak mungkin tindakan bersifat netral. Pasti satu diantara dua pilihan, baik atau buruk. Ibadah atau maksiat. Manfaat atau madharat.

Jika menikah adalah salah satu ranting dari pohon ibadah, maka keinginan untuk menikah adalah salah satu wujud keinginan untuk berbuat baik. Masalahnya, itulah yang akhir-akhir ini hilang dari hatiku. Bisa kukatakan bahwa ia telah hilang, karena ia pernah tersimpan di hatiku semenjak semester 4 sampai menjelang aku menyelesaikan semester 8. Ini serius. Bahwa keinginan itu sudah lama ada. Hanya saja tinggal menunggu restu orang tua yang akan ada ketika aku telah mampu menafkahi. Perkara kemampuan untuk menafkahi, ternyata masih dipandang sempit oleh sebagian besar orang, bahwa ia haruslah melewati tahap lulus kuliah kemudian bekerja. Namun sebagai anak yang berbakti dan tidak ingin dianggap durhaka pada orang tua, maka akupun berusaha tegar menjalaninya.

Anehnya, ketika saat ini satu tahap telah kulewati(baca:lulus kuliah), dan aku memiliki kesempatan untuk segera berpenghasilan(baca:mencari kerja), aku malah memilih untuk menunda itu, menempuh jalan memutar yang lebih jauh untuk sampai di tempat tujuan. Ah, kemana perginya keinginan untuk beribadah itu?

Salim A Fillah, dalam bukunya ‘Gue Never Die’, pernah menyebutkan bahwa hanya ada dua alasan seorang lelaki menunda menikah. Pertama, karena banyak maksiat. Kedua, diragukan kejantanannya. Kalau aku boleh memilih antara dua alasan itu, aku memilih untuk tidak pada kedua-duanya. Sungguh pilihan yang sulit, kawan.

Sekarang Aku hanya memiliki satu pilihan.Β  Perbaiki amalan, kurangi kealpaan. Sungguh aku tak ingin menjadi seburuk-buruk mayat, yang ia adalah mayat seorang bujang(Al-Hadits). Tak lupa berdoa, smoga diberi ketegaran jiwa. Sampai saat itu tiba, ku akan sabar menantinya. Satu renungan dari seorang saudara:‘Rendahkan hati, tinggikan mutu’. Semoga ini juga menginspirasimu, teman. Allahu akbar!!!

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

January 26, 2009 at 6:11 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , , ,

17 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wew.. dari semester 4 kak? subhanallah…

    febryanti

    January 26, 2009 at 6:21 am

  2. amin..semoga ALLAH memberikan yang terbaik jak πŸ™‚

    aerapianggis

    January 26, 2009 at 6:38 am

  3. siapakah wanita yang beruntung itu jak ?!?

    afwan auliyar

    January 27, 2009 at 11:18 am

  4. Jadi kapan nieh mengakhiri masa bujang?

    arqomalifh

    January 28, 2009 at 2:34 pm

  5. amin…
    *sepakat ma yang di atas* πŸ˜€

    asri

    January 29, 2009 at 2:55 pm

  6. sukses2…
    gantungkan cita-citamu setinggi langit (halah peribahasa SD)…
    aku nyonto proposalmu dong πŸ˜€

    errick

    January 30, 2009 at 10:32 am

  7. @febryanti
    jadi malu ^^
    @aerapianggis & asri
    amiin..
    @afwan auliyar
    wallahua’lam…
    @arqomalifh
    wallahua’alam…
    @errick
    lagi dalam proses penyusunan neh..^_^V

    bijakfajar

    January 31, 2009 at 6:37 am

  8. Makanya, Jek..
    dateng.. :p
    apaan coba? πŸ˜•

    HAMMAM ABDILLAH

    January 31, 2009 at 3:08 pm

  9. amin kak.. saya ikut mendoakan..

    hmm..saya tunggu siapa yang beruntung bersanding bersama kak bijak ini..

    btw kak, tukaran link blog ya…

    arefblog

    January 31, 2009 at 6:15 pm

  10. buuujangan buujaanggan… wou wou wou bujangaan (nyanyi nggak jelas). SEMANGAT, brother !!

    suryopranoto

    February 1, 2009 at 1:32 am

  11. @HAMMAM ABDILLAH
    pengennya sih dateng..cuma ternyata ga bisa ijin
    😦
    @arefblog
    alamat blogmu apa??
    @suryopranoto
    thanks bro…^_^

    bijakfajar

    February 1, 2009 at 10:57 am

  12. hmm…bijak.. bijak..malang benar nasib mu, kehilangan keinginan ibadah yg menyenangkan ini.. hehe..(punten pisan).menurut saya ada 2 hal penting :
    sebenarnya memang tidak pernah ada batasan maslah penghasilan karena pada dasar nya manusia tidak pernah cukup, nunggu lulus, udah lulus nunggu kerja,udah kerja nunggu penghasilan tetap dan mapan, udah mapan eh,, biadadari dan niat keinginan untuk menikah(baca:ibadah) terbang entah kemana.

    heheh gak lupa kan bijak(kayak petugas KUA neh saya jelasin ini heheh), syarat nikah itu mahar, calon, wali(untuk perempuan),penghulu. ga ada syarat ijazah di sana, jd kl udah ada keinginan, dan tidak ada halangan ya njalani aja..

    atau…jangan2 calon nya belom ada kali yah?? whikikikikik

    sitti

    February 2, 2009 at 5:25 pm

  13. ^wah calon mah banyak mba’..tinggal pilih aja,cuma ga tau mreka mau sama saya atw ga…wkwkwkwkwk
    mohon doanya aja mba’,biar bisa segera merealisasikan…

    bijakfajar

    February 3, 2009 at 6:30 am

  14. seburuk-buruk mayat, yang ia adalah mayat seorang bujang(Al-Hadits) Sory jak hadistnya riwayat siapa???

    fuji

    February 5, 2009 at 5:54 pm

  15. Jak, Menikah memang bisa menjadi ladang amal yang bisa mengantarkan kita ke Surga kalau kita bisa memanfaatkan. Tapi juga bisa menjadi ladang dosa yang akan mengantarkan kita ke neraka, kalau kita tidak dapat melaksanakan.untuk bisa menjadi ladang amal harus dapat pasangan yang cocok dan seimbang (seperti tuntunan nabi) dan masing2 harus bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya, jangan hanya minta hak. hak tidak diminta tidak apa tapi kewajiban tidak dilaksanakan jadi dosa (tidak seperti mengerjakan PR, tdk ada dosa). tapi kalau kita bisa melaksanakan, disamping akan dapat kebahagiaan juga akan dapat surga. Oke???
    Jadi sebelum menikah pelaksanakan nikah harus sudah benar-benar tahu dan mau membuat ladang amal.

    Nya' loo

    February 11, 2009 at 4:21 pm

  16. Jak, di ‘jalan cinta para pejuang’, halaman 122
    πŸ˜€

    shiddieq

    February 17, 2009 at 2:07 am

  17. waaaa….
    good luck jak!

    tika_girly

    February 20, 2009 at 1:31 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: