#bijakfputranto

@bijakfputranto

Kebohongan Publik Yang Terang Benderang

with 4 comments

visit-indonesia-year-2008Baru beberapa saat setelah Aku mem-posting tulisan mengenai pariwisata Indonesia, tak dinyana kudapati referensi yang-semoga-bisa melengkapi beberapa argumenku sebelumnya. Tepatnya di halaman pertama harian Suara Merdeka tertanggal Senin, 5 Januari 2009 pada sebuah artikel berjudul ‘Menggairahkan Pariwisata’.
Disana disebutkan bahwa dalam Travel and Tourism Competitiveness Index 2008, World Economy Forum (WEF) menempatkan Indonesia di urutan ke-80, turun dua puluh peringkat dari tahun sebelumnya(2007-red). Artikel tersebut juga membandingkan Indonesia dengan tiga negara tetangga: Singapura(peringkat ke-16), Malaysia(peringkat ke-32), dan Thailand(peringkat ke-42). Peringkat tersebut didapatkan dari penilaian tiga aspek, yaitu regulasi, iklim usaha, dan infrastruktur. Dari nilai maksimal yang dipatok pada angka 7, Indonesia hanya berhasil meraih poin 3,70.
Ditambahkan, bahwa WEP menilai kelemahan Indonesia terletak pada sektor regulasi, pelestarian lingkungan, sarana transportasi, sarana penunjang di objek wisata, sarana teknologi informasi, dan potensi budaya. Padahal selama ini, kita selalu mengkambinghitamkan berbagai bencana alam dan serangan teroris sebagai penyebab turunnya jumlah wisatawan mancanegara(wisman) yang datang ke Indonesia.
Di tahun 2008 ini Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menargetkan tujuh juta wisman datang ke Indonesia. Namun hingga September 2008, wisman yang berkunjung ke Indonesia baru mencapai 4.132.526 orang. Ini bukti ketidakrasionalan pemerintah dalam mencanangkan target. Atau dalam pencapaian target tidak diiringi oleh tahapan-tahapan implementasi yang jelas dan terukur.
Satu lagi kelemahan pariwisata Indonesia adalah tidak adanya branding yang mengena. Sejak 2001, sudah ada empat slogan yang berganti-ganti. Awalnya Indonesia, Just A Smile Away. Kemudian menjadi Indonesia, Endless Beauty of Diversity. Lalu berubah menjadi Indonesia, The Colour of Life. Dan terakhir menjadi Indonesia, Ultimate in Diversity. Malah Aku ragu, bahwa Kau telah tahu dengan branding-branding ini sebelumnya. Bandingkan dengan Uniquely Singapore, Amazing Thailand, dan Malaysia dengan Truly Asia-nya yang mungkin sudah melekat erat di benak kita.
Sungguh, ini adalah kebohongan publik yang telanjang di depan mata kita. Bagaimana mungkin data yang menunjukkan kegagalan sektor pariwisata Indonesia sepanjang tahun 2008 dipaparkan sebagai sebuah keberhasilan program Visit Indonesia 2008? Sudahkah iklan layanan masyarakat menjadi sarana politisasi? Mengingat Jero Wacik-Menteri Kebudayaan dan Pariwisata- adalah sekjen salah satu partai yang ikut dalam Pemilu 2009. Ah, semoga saja tidak.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

January 5, 2009 at 3:09 pm

Posted in Uncategorized

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wew!
    Ternyata saya termasuk orang-orang yang sempat berhasil dibohongi.
    Sempat ada curiga ketika dalam iklan tersebut disebutkan bahwa visit indonesia year diperpajang hingga 2009. (Kalau sukses, kok pake diperpanjang segala? Kalau begitu sekalian saja jadikan tiap tahun adalah tahun “visit indonesia year”?!)
    Ternyata..
    Hoho..menjelang pemilu 2009 ini banyak yang promosi ya.
    Jazakillah untuk infonya, Jak.

    putrichairina

    January 9, 2009 at 7:54 am

  2. ^waiyyakum..

    bijakfajar

    January 12, 2009 at 9:12 am

  3. wah, udah liat iklan visit indonesia (versi kupu2) belum?
    keren banget ya.. tapi kok rasanya hanya bagian tertentu dari Indonesia yang di sorot di iklan tersebut?

    febryanti

    January 15, 2009 at 8:32 am

  4. wah parah..
    ternyata kita semua dibohongin…
    untuk bahan kampanye rupanya..
    makasih bijak yang udah posting tentang tulisan ini..

    mudah2an banyak orang yang baca tulisan ini dan tidak tertipu lagi..

    Vidya cHaNtiQue

    February 16, 2009 at 4:29 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: