#bijakfputranto

@bijakfputranto

Kenikmatan Tiada Dua

with 7 comments

subuh-masal1Masing-masing dari kita pasti memiliki satu momen rutin istimewa yang paling dinanti. Momen ini tidak datang sekali seumur hidup, melainkan kita biasa mengalaminya, namun kenikmatan tiada dua kita rasakan saat bertemu dengannya.
Sebutlah diantaranya saat gajian. Rutinitas bulanan ini bagi sebagian besar orang merupakan saat-saat yang dinanti. Atau mungkin ketika pulang kampung bertemu sanak saudara, yang mungkin hanya bisa dilakukan setahun sekali. Untuk periode mingguan, waktu week-end adalah yang paling ditunggu. Lantas, contoh apa yang bisa Kau berikan untuk momen harian terindah?
Bagiku, tiada yang melebihi kenikmatan shalat subuh berjama’ah di masjid*. Sampai-sampai akupun kehilangan kemampuanku untuk mendeskripsikan seperti apa rupa nikmat itu. Aku hanya bisa menyarankan, bahwa kaupun harus mencobanya.
Awalnya, memang terasa berat. Apalagi bagi yang memiliki siklus tidur di atas tengah malam. Tapi jika kau benar-benar tahu dan menyadari manfaat apa yang tersembunyi di baliknya, maka Kaupun akan melakukannya walaupun dengan merangkak(Al-Hadits). Karena biasanya, seseorang akan melakukan sesuatu jika sesuatu itu dirasa memberikan manfaat.
Allah menjanjikan, bahwa yang melaksanakan shalat sunnah sebelum waktu subuh, maka akan diberikan ganjaran melebihi dunia dan seluruh isinya(al-hadits). Subhanallah! Bukankah ini suatu penawaran yang menarik: Allah akan membeli pengorbanan kita untuk bangun lebih awal dengan dunia dan seluruh isinya. Kalau kau seorang yang berjiwa bisnis, maka tawaran ini tidak akan kau lewatkan.
Kebiasaan kita untuk bangun lebih awal, untuk melaksakan shalat subuh di awal waktu juga akan memaksa kita untuk lebih bisa mengaplikasikan manajemen waktu. Terkait dengan waktu tidur kita, yang nantinya juga akan berpengaruh pada kondisi fisik kita. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, bahwa orang yang terbiasa bersentuhan dengan air(baca:berwudhu) di saat-saat menjelang fajar akan terhindar dari obesitas. Wow! Ternyata Allah tidak memberikan sesuatu, kecuali dengan makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya.
Have a try!!

*shalat wajib berjama’ah di masjid lebih utama bagi lelaki. Sedangkan bagi wanita, lebih utama untuk shalat wajib di tempat tinggalnya. Wallahua’lam.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

December 22, 2008 at 5:08 pm

Posted in Uncategorized

Tagged with ,

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yups, emang “jual beli” dengan Allah SWT always untung dunia akhirat, gak rugi barang sedikitpun.

    yuniara

    December 22, 2008 at 6:10 pm

  2. Di deket rumah, ada musholla yang tiap kali shalat shubuh, imamnya seringkali melafalkan surat2 dari juz30 yang jadi favorit pu3. Dengan suara yang fasih, walau tidak pake ayunan2 seperti tahsin, tapi rasanya dari mendengarkan cara imam melafalkan ayat2 tersebut ada kesan yang mendalam. Tampaknya pak imam begitu menghayati arti ayat yang ia baca. Itulah yang terasa di hati pu3.
    Ya,Allah! Klo denger imamnya sedang memimpin shalat shubuh..rasanya kepingiiin banget untuk ikutan hadir dalam shalat berjamaah itu.
    Tapi mengingat baru jam 04.10an, masih gelap, sepi lagi! Sepertinya lebih baik bagi pu3 untuk shalat shubuh di rumah.
    Walau belum bisa ikutan jamaah, setidaknya Allah masih mengaruniai pu3 kesempatan untuk mendengarkannya. Alhamdulillah..

    putrichairina

    December 25, 2008 at 4:19 pm

  3. kang bijak yang insya Allah bijak 🙂
    bagi2 tips donk spy lebih mudah utk bangun subuh…
    ditunggu ya :-0

    dhedhi

    December 28, 2008 at 9:33 pm

  4. @yuniara
    yup!!!
    @putrichairina
    thanks for sharing
    @dhedhi
    yg pertama jelas,waktu tidur jangan kemaleman palagi kepagian.waktu tidur utk kondisi biasa saja(tidak terlalu lelah) cukup 5-6 jam.
    yg kedua,jgn lupa buat masang weker,klo perlu lebih dari 3, biar mantabs
    yg ketiga,banyak minum air putih.krn selain baik utk kesehatan, juga terbukti….merangsang ingin buang air kecil ^_^
    yg keempat,usahakan shalat sunnah 2 rakaat dulu sebelum tidur.abis itu berdoa deh,supaya dibangunkan sebelum adzan subuh..
    wallahua’lam…

    bijakfajar

    January 1, 2009 at 10:04 am

  5. Ini lah dia,
    Bijak Fajar Putranto…
    Yang dulu gak pernah putus Qiyamul Lailnya..
    Qiyamul Lail aja gak putus,
    apalagi subuh berjama’ah…
    Do’akan nular ke temanmu ini, ya…
    Do’akan dengan sangat, wahai saudaraku….

    HAMMAM ABDILLAH

    January 1, 2009 at 11:39 pm

  6. @HAMMAM ABDILLAH
    sama-sama saling mengingatkan akh…
    ^_^

    bijakfajar

    January 4, 2009 at 4:26 pm

  7. thanks so much…
    artikel sangat memotivasi….

    andika

    February 6, 2012 at 2:38 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: