#bijakfputranto

@bijakfputranto

Lingkaran Senja

with 2 comments

imagesAhad kemarin untuk yang kedua kalinya Saya iseng-iseng ikut Bengkel Menulis yang diadain FLP Bandung. Bengkel Menulis ini semacam workshop kecil-kecilan yang rutin diadain di Masjid Salman ITB setiap hari Ahad sore, ba’da ashar sampai menjelang maghrib. Dibilang kecil-kecilan karena memang cuma diadain dalam satu lingkaran, mirip mentoring.
Sore itu, yang menjadi tentor adalah teh uchi. Dan yang menjadi tema bahasan adalah tentang menulis cerpen.Latihannya dibagi menjadi 3 sesi.
Sesi pertama, peserta diminta memikirkan hal-hal menarik yang terdiri dari maksimal 3 kata dalam waktu 1 menit. Hohoho, ternyata ga mudah, karena Saya hanya menghasilkan 3 kata(karimun jawa, pemilu kampus, dan film rohis). Yang lainnya, ga jauh beda. Yang tertinggi cuma 5 kata. Padahal, menurut teh uchi, rata-rata orang bisa menghasilkan 7 sampai dengan 10 kata per menitnya. Nah lho, dimana letak kesalahannya? Ternyata, Saya terlalu membatasi hal-hal menarik tersebut. Padahal setiap kata itu istimewa, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.
Sesi kedua, peserta diminta untuk membuat tulisan, ga lebih dari 5 menit, yang diambil dari salah satu kata kunci yang didapat dari sesi pertama untuk kemudian dikembangkan. Wow, yang ini lebih mendebarkan. Karena dalam waktu 5 menit yang disediakan, kita ga boleh sedikitpun berhenti untuk mikir. Semuanya harus mengalir apa adanya. Dan inilah hasil cerita Saya, yang dikembangkan dari kata kunci ‘film rohis’.

Kemarin, dari keisengan maen-maen ke kamar seorang teman, Wahid namanya, atau aku lebih senang dan lebih bergairah memanggilnya dengan dul, abdul, atau bedul, aku mendapatkan suatu rezeki yang tiada terperi. Taukah apa itu? Ah, pasti tiada seorangpun yang dapat menyangka, mengira, menduga-duga. Kue? Makanan? Minuman? salah, 100% salah.
Trus apa donk? Sesuatu yang lebih berharga daripada tidur siang di bawah selimut di saat suasana sedang hujan. Hahaha. Sesuatu itu adalah…jeng…jeng…jeng…film pendek bikinan anak rohis SMA 1 Sleman, yang judulnya menggetarkan hati dan jiwa, juga raga.
Kalau Kau mendengarnya, Kawan, niscaya ibumu akan geleng-geleng kepala melihat tingkah anehmu yang menolak makan sehari semalam. Coba dengarkan dengan seksama……..SATU TAHUN CINTA..
Seolah-olah alam pun bergelora. Wuihh, judul yang menyayat jiwa,menusuk kalbu, meleburkan tulang sumsum, melelehkan otak, dan mencairkan darahmu.
Kisahnya membuatku mengakses kembali memori dalam otakku. Dulu, saat SMA. Tentang cinta, cinta monyet, lutung, simpanse, dan homo sapiens.
Hikmah dari film itu adalah bersabarlah dalam menikmati cinta. Sudah ada waktunya. Jangan terburu-buru.

Walopun isinya amburadul, tapi hati terasa lega. Mungkin karena lepas menulisnya. Tanpa dibatasi perasaan takut, pikiran dan kekhawatiran. Satu kesan yang pasti tertangkap setelah kau membacanya: LEBAY. Oiya, balik ke tema film rohis, ada satu catatan menarik yang diangkat oleh si pembuatnya. Coba cermati dengan seksama.Nikmati perlahan-lahan. Cerna ia selembut-lembutnya. Hingga hatimu kan terbuai olehnya:

jika engkau mencintai karena Allah, maka bersiap-siaplah dicemburui para Nabi & Syuhada. Jika engkau mencintai karena Allah dan dalam naungan Ridha-Nya maka temuilah cinta dari Ar-Rahman untuk orang-orang yang beriman

^_^sosweet^_^

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

December 10, 2008 at 6:07 am

Posted in Daily

Tagged with , ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aslm..
    Jek, ngopy fimnya tea..
    Mau nonton juga…

    HAMMAM ABDILLAH

    December 15, 2008 at 12:50 am

  2. ^maenlah k kosan

    bijakfajar

    December 16, 2008 at 5:26 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: