#bijakfputranto

@bijakfputranto

Gado-gado Pena [Lingkaran Senja vol.2]

with 2 comments

39438028gadogado9Melanjutkan reportase singkat Saya setelah mengikuti Bengkel Menulis FLP Bandung. Sesi ketiga, ternyata jauh lebih menarik. Karena peserta diminta membuat tulisan(lagi) dari salah satu kata kunci, yang kemudian setiap 3 menit akan tulisan masing-masing akan diputar dalam lingkaran tersebut. Bayangkan satu tulisan yang dihasilkan dari otak beberapa orang. Ga mudah, tapi disitulah tantangannya. Karena setiap orang, sebelum mulai menulis harus membaca tulisan yang ada di atasnya. Istilah lainnya, cerita berantai.

Ini dia tulisan ‘gado-gado’ karya temen2 yang diinisiasi dari kata kunci ‘Karimun Jawa’:

Aku jamin, bahwa belum ada satu orang pun di lingkaran pertemuan ini, kecuali aku, yang pernah berlibur ke Kepulauan Karimun Jawa. Bahkan, mungkin ada yang baru kali ini mendengar namanya. Karena sungguh, objek wisata ini belum dieksplor secara optimal dan belum menjadi satu objek unggulan bagi pariwisata Indonesia. Letaknya di sebelah timur laut kota Semarang. kau bisa kesana hanya dengan 3 cara, naik kapal cepat dari Semarang, naik kapal Ferry dari Kudus, atau naik pesawat kecil dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Satu hal yang menarik, seperti yang aku rasakan, begitu aku menginjakkan kaki di pulau ini, aku langsung teringat…..Laskar Pelangi.

==========================================
Oleh karena itulah aku menjadi sangat ingin menulis sebuah novel yang memiliki kualitas lebih baik lagi dari Laskar Pelangi, lebih mengasyikkan, lebih bermakna, dan lebih digemari oleh kalangan yang lebih banyak lagi. Dan karena itu aku mulai mengumpulkan gagasan-gagasan yang aku anggap penting dari Pulau Karimun. Akan kurangkai dengan jutaan hikmah yang aku petik semenjak aku menghirup nafas. Akan kubalut dengan pesona kata yang mengagumkan. Tak tergambarkan namun keyakinanlah yang dapat menjawabnya.

==========================================
Di balik pulau Karimun ada sejuta makna. Ada kisah sedih, dan ceria. Masa-masa penuh perjuangan hingga dapat mengecap hidup layak. Ku harap cerita ini dapat menjadi inspirasi bagi para pemuda. Cerita ini mudah-mudahan tak lekang dirundung jaman. Abadi, the fenomenal, the legend, the best seller International, the best Khatulistiwa Award, the true of Pulau Karimun. Dengan semua itu dunia akan berubah, Saya jamin. Ha….

===========================================
Pulau Karimun, mungkin langka didengar. kalau tidak salah aku mengingatnya waktu di SD belajar IPS. Ternyata pulau indah dengan air laut biru jernih, dan suasana tenang itu akan kubuat novel terindah, seindah memandangan disana. Kuharapkan novelku nanti akan terbit di seluruh dunia, maka dunia akan mengenal pulau indah bernama Karimun. Wah senangnya! Kalau novel itu sukses pasti royaltinya banyak, aku akan berlibur ke sana lagi.

============================================
Hingga tiba waktunya, aku menulis novel. Sebetulnya belum rampung sih. Masih sekedar cerita-cerita yang kukumpulkan dalam bait-bait paragraf. Dari segala macam hal yang menyenangkan. Bila kubangun,maka aku teringat dengan mimpiku Pulau Karimun. Pulau Karimun! Ya, aku ingin kesana! Maka kukencangkan niatku, sehingga aku makin bersemangat dalam menulis. Ya, menulis!

Gubrak! Asli ga nyambung pisan. Di awal, diceritakan bahwa si penulis menceritakan pengalamannya ke Karimun Jawa. Di akhir, si penulis malah bilang, kalo ia pengen ke Karimun Jawa. Bener2 ga nyambung. Seolah-olah, si penulis memiliki kepribadian ganda. Atau mungkin punya penyakit pikun akut.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

December 10, 2008 at 6:55 am

Posted in Daily

Tagged with , , ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ckckck… Iya juga ya.. Lucu juga…
    Tapi, pas baru nyampe ana mah, perasaan ga begitu banyak nemu yang aneh2 euy..

    HAMMAM ABDILLAH

    December 15, 2008 at 12:50 am

  2. ^ya iya lah…
    secara nt nulis setelah ane…istilahnya,distorsinya masi blum begitu terasa..

    bijakfajar

    December 16, 2008 at 5:21 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: