#bijakfputranto

@bijakfputranto

Kesederhanaan Pernikahan

with 4 comments

logo2‘Sorry hany lwt sms, insya Allah bsok gw akan mnikah dgn rusma hidayat jam 9 dbulungan kaltim, mohon doa restunya ya.. Thx :-* yuli handayani’

SMS tersebut cukup mengagetkan Saya yang sedang menyetir mobil. Bukan shock yang berlebihan sih, cuma sekedar surprise aja. Rasanya baru kali ini Saya menerima SMS pengumuman menikah yang cukup membuat Saya berkata ’Haa????’.

Yuli merupakan teman COOP Saya di Telkomsel Jakarta. Sehabis kami menyelesaikan 3 bulan bersama, kemudian dilanjutkan dengan sidang Tugas Akhir, yang Saya dengar sekarang dia magang di sebuah perusahaan di Kalimantan. Mmm, Saya berprasangka baik bahwa dia langsung mendapatkan jodohnya disana.

Satu hal yang membuat Saya cukup simpati adalah, bahwa Yuli menggenapkan separuh dien-nya(baca: menikah) dengan cara yang sederhana. Apalagi melihat kondisi saat ini, dimana orang-orang(khususnya artis) berlomba-lomba untuk mengadakan pesta pernikahan yang sangat mewah. Salah satu contohnya adalah BCL dan Ashraff yang konon menghabiskan budget 2M untuk mengadakan pesta walimahan mereka.

Pemberitaan yang gencar di media ini mengakibatkan satu pembentukan budaya, bahwa pesta pernikahan harus diadakan dengan sangat mewah. Padahal esensi sebenarnya dari sebuah pernikahan adalah mengaplikasikan sunnah Rasul untuk kemudian menghasilkan generasi penerus yang bisa dibanggakan. Tapi yang terjadi saat ini, karena uang sudah dihabiskan untuk mengadakan pesta pernikahan secara besar-besaran, selanjutnya uang untuk modal hidup berikutnya malah sudah tidak ada.

Hal yang paling penting dalam sebuah pernikahan adalah Barakah. Karena tanpanya, niscaya pernikahan yang seharusnya menjadi pintu menuju kesempurnaan ibadah, malah justru menjadi ajang adu gengsi yang menyengsarakan kelak.

Terakhir, buat Yuli dan suaminya, Saya cuma bisa mendoakan ”Baarakallahu laka, wa baarakallahu alaika, wa jama’a bainahuma fii khaiir”. Semoga pernikahan sederhana seperti ini bisa menjadi contoh untuk kita semua.

*image source: [http://ipin4u.blog.friendster.com/files/logo.gif]

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

November 30, 2008 at 6:14 am

Posted in Uncategorized

Tagged with

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yups…
    semoga pernikahan yang sederhana makin semarak
    dan pada akhirnya kesederhanaan menjadi sebuah trend
    amien…

    HAMMAM ABDILLAH

    November 30, 2008 at 10:04 pm

  2. jak.. besok gw nikah,.. jgn bilang siapa2 ya,..
    <— simple banget kan 😀

    ajinugroho

    December 1, 2008 at 11:12 am

  3. Jak Bijak, atau Jak Jaka nih?
    😀

    blognya Bijak, ya Bijak lha…. :DV

    HAMMAM ABDILLAH

    December 1, 2008 at 4:17 pm

  4. ALLAH juga ngga suka sesuatu yg berlebih-2an… memang sebaiknya sih walimah-an yg sederhana aja, yang penting berkah. 🙂

    Laki-laki Biasa

    December 1, 2008 at 4:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: