#bijakfputranto

@bijakfputranto

Topi Pesulap

leave a comment »

Rasanya semakin menyenangkan mempelajari filsafat dari novel Dunia Sophie. Sudah dua bab saya baca, yaitu Taman Firdaus dan Topi Pesulap. Masih menceritakan tentang Sophie, seorang anak perempuan-sayangnya tidak disebutkan ia berumur berapa- yang mulai tertarik mempelajari filsafat setelah menerima surat kaleng-tanpa nama pengirim dan tanpa perangko- yang berisikan tentang ajakan untuk berpikir filosofis dan pengantar tentang pelajaran filsafat itu sendiri.

Di bab kedua ini-Topi Pesulap-, kita diajak untuk menganalogikan bahwa kita adalah bakteri mikroskopis yang berada pada bulu kelinci yang ditarik keluar dari topi seorang pesulap. Nah lho, makin bingung kan. Maksudnya gini, sedari kita terlahir maka kita akan selalu bertanya dan bertanya. Karena apa yang ada di sekitar kita adalah hal yang baru. Semakin dewasa kita, maka kita akan menganggap semua yang ada di lingkungan kita adalah hal yang biasa. Hal ini akan menumpulkan pikiran kita, karena kita akan semakin enggan untuk berpikir dan bertanya. Oleh sebab itulah, balita dan filsuf dikategorikan istimewa. Sebab mereka tidak terjebak dengan kondisi aman dan nyaman yang sudah ada. Sebaliknya mereka selalu mempertanyakan filosofi segala sesuatu.

Kalo masih bingung, ada baiknya untuk membaca sendiri novel ini. Ini juga disebabkan keterbatasan saya dalam mengungkapkan. Satu pedoman yang ditekankan pada bab ini adalah “..satu-satunya yang kita butuhkan untuk menjadi filosof yang baik adalah rasa ingin tahu..”

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

October 16, 2008 at 9:47 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: