#bijakfputranto

@bijakfputranto

Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

with 2 comments

Kata orang tua dulu, buku adalah jendela ilmu. Ketika kita membuka buku (membaca-red), sama artinya dengan kita membuka jendela ruang ketidaktahuan kita, untuk menghirup udara segar pengetahuan, memandang luasnya dataran peradaban. Ibarat dalam sebuah perjalanan, maka buku adalah bekal bagi seorang pembelajar. Lepas dari bentuk buku yang semakin variatif, sampai-sampai kita hanya memerlukan sebuah gadget seukuran telapak tangan untuk bisa membaca sepuluh, seratus, seribu, bahkan sejuta buku(e-book).

Hingga detik ini, sudah berapa buku yang sudah pernah kita baca? Berapa banyak ilmu yang telah kita cerna? Sungguh, buku adalah teman setia bagi seorang pecinta. Ia adalah teman seperjalanan, kerabat dekat, dan sahabat sejati. Atau kau bisa membuat perumpamaan sendiri. Berapa banyak jatah uang jajanmu kau habiskan untuk belanja buku? Maka itu adalah parameter betapa hausnya dirimu akan ilmu.

Tapi bukan disana letak masalahnya. Kalau sampai saat ini sudah ratusan buku yang kau lahap, maka sudah berapa banyak buku yang sudah kau hasilkan. Buku dari hasil pemikiranmu yang kau rangkum dari ratusan buku itu. Angka ‘1’ pun sebenarnya sudah cukup membanggakan. Karena pada kenyataannya, menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Definisi ‘menulis’ yang dimaksud di sini adalah membangun pemikiran yang dilandasi oleh pondasi kebenaran, ditopang oleh pilar kejujuran dan dipoles dengan gaya kesederhanaan.

Marhalahnya sudah berganti kawan. Sudah bukan saatnya lagi kini banyak membaca. Mulailah untuk menulis, maka kau akan menemukan proses membaca dari setiap tulisan yang kau ciptakan. Percuma saja kau simpan semua pengetahuan, kalau tidak untuk kau sebarkan. Maka jadilah ia kubangan kefasikan, ibarat air comberan yang menggenang. Tapi jika ilmu itu mengalir, maka akan kau dapati sungai-sungai jernih yang membawamu ke samudra kehidupan.

.::SemangatMenulis::.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

August 27, 2008 at 8:41 am

Posted in Uncategorized

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wesh keren blog nya, semoga terus berkarya, awal diriku bikin blog adalah untuk belajar menulis, and awal diriku mempunyai blog karena ingin menulis, diawali 2 tahun yang lalu, tapi databasenya yang banyak kedelete dan lupa nyimpennya dimana, jadinya jarang diupdate, sejelek apapun tulisannya yang penting bisa menulis dan menyimpan pengetahuanku didalam tulisan karena blog merupakan media yang baik untuk menyampaikan ilmu dan tulisan, dengan bantuan search engine orang hanya akan membaca yang mereka inginkan, mereka akan mengunjungi blog kita karena mereka tertarik dengan blog yang kita tulis tanpa merasakan paksaan.

    Tapi di dunia nyata belum tentu orang tertarik dengan pengetahuan yang kita punya, penyampaian di dunia nyata memerlukan emosi dan pengungkapan yang berbeda dan itu memerlukan suatu ilmu yang dinamakan ilmu psikologis. bagaimana membuat orang tertarik dengan apa yang kita bicarakan, bagaimana orang tidak tersinggung dengan apa yang kita bicarakan, dan bagaimana orang menghargai kita dengan apa yang kita bicarakan, ini menyangkut kemampuan emotianal yang dimiliki oleh setiap manusia. diriku juga ga terlalu pintar dalam pengungkapan hal emotional tapi terus membaca dan mengembangkan apa yang kita baca ^_^ menurut saya ini salah satu hal yang harus dipertimbangkan juga selain tulisan, keep bloging.

    psikologis ^_^

    zymanq

    August 27, 2008 at 4:06 pm

  2. mantabs bro…
    thanx a lot..

    bijakfajar

    August 27, 2008 at 4:27 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: