#bijakfputranto

@bijakfputranto

Tiga Pilar Utama Keberdayaan

leave a comment »

Apa yang menjadi ketakutan Amerika terhadap Osama bin Laden, bukanlah karena kuantitas harta yg dimiliki oleh Osama, tetapi lebih kepada untuk apa harta yang Osama milliki diberdayakan. Prolog tersebut merupakan indirect quote dari buku Dialog Peradaban, memberikan hikmah akan kuatnya pengaruh keberdayaan. Betapa banyak orang yang memiliki harta jauh lebih banyak daripada yang dimiliki Osama, tetapi karena harta tersebut tidak digunakan sebagai bentuk keberdayaan, maka hal tersebut tidak berpengaruh apa-apa terhadap Amerika.

Sahabat-sahabat di masa Rasulullah SAW, merupakan orang-orang pilihan yang memiliki kekuatan di tiga bidang: ekonomi, politik, dan perang. Rasulullah dan sahabat-sahabatnya bukanlah orang-orang yang miskin secara materi, karena mereka adalah ahli-ahli bisnis. Tetapi kekuatan ekonomi yang dianugerahkan Allah membuat mereka berdaya untuk menghasilkan kekuatan yang lain. Rasulullah dan sahabat-sahabatnya merupakan orang-orang yang paham politik-tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri-, sehingga pemimpin-pemimpin negara lain memiliki rasa hormat yang tinggi kepada mereka. Rasulullah dan sahabat-sahabatnya adalah prajurit yang terdidik dan terlatih di peperangan, sehingga mereka mampu menggentarkan musuh-musuhnya jauh sebelum peperangan benar-benar dimulai.

Tiga aspek ini(baca:kekuatan ekonomi, kejayaan politik, kekuasaan perang) yang harusnya dimiliki oleh Islam(individu maupun negara). Dalam konteks Islam sebagai individu, seorang muslim haruslah memiliki kekuatan ekonomi, yang dengannya ia mampu menciptakan kekuatan-kekuatan yang lain. Seorang muslim harus memiliki kejayaan politik, yang dengannya ia mampu menghasilkan kejayaan-kejayaan politik dalam lingkup yang lebih luas, menciptakan masyarakat madani. Seorang muslim haruslah memiliki kekuasaan perang, yang melihat konteks saat ini kekuasaan perang bisa didefinisikan sebagai keahlian bela diri atau kemampuan menguasai media, karena perang saat ini adalah Psy War.

Advertisements

Written by Bijak F. Putranto

August 13, 2008 at 5:56 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: